Minggu, 03 Juni 2012

Tugas Bahasa Indonesia


1. Fakta dan Opini
          Fakta merupakanpenyataan yang tak terbantah lag kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, peristiwa, suasana, yang benar-benar terjadi dan bersifat objektif. Ini berbeda denga pendapat atau pini yang kemungkinan kebenarannya relatif karena dipengaruhi irri pribadi, yang bersifat subjektif. Pendapat memiliki ciri-ciri fisik yang biasanya ditandai kata-kata seperti mungkin, bias, jadi, sangat, tidak mungkin, sebaiknya, dan lain-lain yang menunjuk kepada subjektifitas seseorang.

A. Contoh
Kalimat fakta :
-Mendiknas meresmikan Falkutas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tanggal 15 Juni 2003.
-Negara Indonesia terdiri atas pulau besar dan kecil.

Kalimat Opini :
-Sebaiknya Anda menunggu sampai acara selesai.
-Langit mendung mungkin sebentar lagi hujan deras.

B. Contoh Soal :
1.     Udara di Bogor terasa dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ºC. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.
Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
a. (1) dan (2)                             c. (1) dan (3)
b. (2) dan (3)                            d. (2) dan (4)
Kunci jawaban : A

2.    Pemkot Depok telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. (2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.
Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
a. (1) dan (2)          c. (2) dan (3)
b. (1) dan (4)                   d. (3) dan (4)
Kunci Jawaban : B

3.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Kalau kesehatan di desa-desa kuat maka ketahanan masyarakat juga kuat. (2) Begitu penegasan Menteri Kesehatan Achmad Sujudi tentang dasar program Waning Obat Desa (WOD). (3) Di desa-desa, lanjutnya, yang menjadi ujung tombak kesehatan adalah bidan. (4) Selain bertugas menangani ibu-ibu hamil, bidan juga memberikan pelayanan kesehatan lain. (5) Beban itu terlalu berat maka perlu tenaga lain yang membantu.
Opini dalam paragraf tersebut terdapat dalam kalimat nomor. . .
Kunci Jawaban    : B

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5
Bacalah wacana beikut dengan saksma!
Manfaat susu sudah tidak diragukan lagi. Hampir semua zat gizi yang terdapat dalam susu bermutu baik. Protein dan lemak susu memiliki sifat mudah dicerna yang tinggi. Kandungan vitamin dan mineral susu juga relatif lengkap. Susu dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Ada yang segar atau ada yang dalam bentuk terolah, seperti susu bubuk atau susu kental manis. Manusia juga mengonsumsi susu dari produk pangan yang mengandung susu, seperti keju, eskrim, dan yogurt.
4.    Fakta yang terdapat pada wacana tersebut adalah. . .
a.    Manfaat susu tidak diragukan lagi.
b.    Hampir semua zat gizi yang terdapat dalam susu bermutu baik.
c.    Protein dan lemk susu memiliki sifat ketercenaan yang tinggi.
d.    Susu dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk
Kunci Jawaban    : D

5.    Opini yang terdapat dalam wacana tersebut adalah. . .
a.    Susu dapat dikonsumsi dalam bentuk eskrim.
b.    Susu memiliki sifat mudah dicern yang tinggi.
c.    Susu dapat dikonsumsi dalam bentuk yogurt
d.    Susu dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk
Kunci Jawaban    : B 

1. Paragraf Rumpang
Paragraf rumpang yaitu paragraf yang salah satu kalimatnya kosong.
Cara mengisi paragraf yang rumpang yaitu:
1.     Isilah yang sesuai dengan kalimat sebelumnya.
2.    Kalimatnya tidak keluar dari topik

A. Contoh
Perhatikan paragraf rumpang berikut ini!
(1) Sejak Operasi Halilintar itu, polisi Irak juga berjaga-jaga di jalanan, baik siang maupun malam. (2)… (3) Karena itulah Operasi Halilintar ini kurang mendapat simpati di kalangan Sunni Arab. (4) Pasalnya, yang kerap diperiksa dan digeledah rumahnya adalah kaum Sunni Arab. (5) Banyak warga yang mengaku bahwa pasukan Irak atau pun AS kerap menangkap warga yang tidak bersalah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang agar menjadi paragraf yang lengkap dan padu adalah…
a. Polisi Irak dalam tugasnya berpakaian sipil, namun bersenjata.
b. Pos-pos pemeriksaan pun kini berada di hampir setiap jalan masuk ke kota.
c. Mereka bersenjata, lengkap dengan rompi antipelurunya.
d. Amerika pun tidak tinggal diam membantu polisi Irak tersebut.
Kunci Jawaban    : B

B. Contoh Soal :
1.     Tujuan pelatihan kecerdasan emosional ini. . . orang tua sadar terhadap emosi mereka sendiri dan dapat menggunakan kepekaan mereka . . . enyelaraskan diri secara tulus dengan perasaan anak mereka.
Kata penghubung antarklausa yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah. . .
a.    Demi, bagi                  c. agar, untuk
b.    Bila, agar                    d. kalau, demi
Kunci Jawaban    : C

2.    . . . Bapak setuju . . . tidak, kami tetap jalan terus.
Isian yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah. . .
a.    Baik, maupun                        c. jangankan, pun
b.    Tidak hanya, tetapi juga       d. apakah, atau
Kunci Jawaban    : E

3.    Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Kedua mempelai itu kelihatan sangat serasi. Mereka sudah menjalin hubungan selama lima tahun terakhir. Walaupun ada perbedaan di antara keduanya, tetapi mereka dapat menerima kekurangan dn kelebihan masing-masing . . . Itulah yang menjadi pegangan mereka.
Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang paragraf tersebut adalah. . a. Keduanya bekerja untuk menutupi kekurangan itu.
b. Mempelai itu akhirnya berjanji untuk sehidup semati.
c. Mereka berjanji akan saling memahami dan menghargai semua itu.
d. Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing
Kunci Jawaban    : C

4.    Cermati kalimat rumpang berikut!
Dalam. . . American Association for Advance of Science, di Washington, Amerika Serikat, pekan lalu, . . . robot yang . . . dua kaki dengan kemampuan menjaga keseimbangan.
Kata yang tepat untuk mengisi bagian kalimat yng rumpang tersebut adalah. . .
a.    Ditemukan, dikenalkan, dijalankan
b.    Menemukan, mengenalkan, menjalankan
c.    Pertemuan, diperkenalkan, berjalan
d.    Ditemui, mengenali, dijalankan
Kunci Jawaban    : C

5.    Cermati kalimat rumpang berikut!
Pusat pertokoan itu dilengkapi dengan . . . untuk menyenangkan dan menghibur para pengunjung.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut adalah . . .
a.    Panggung hiburan                  c. tempat istirahat
b.    Ruang ganti                          d. taman wisata
Kunci jawaban     : A

6.    Cermati kalimat rumpang berikut!
Selain coraknya . . . baru . . . rupawan, tanaman harlequin dinilai lebih unggul . .
warnanya lembut.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut adalah. . .
a.    Karena, dan, yaitu                 c. Yang, serta, tetapi
b.    Sebab, lagipula, maka            d. Yang, dan, karena
Kunci Jawaban    : E

7.    Mereka sebenarnya menyadari. . . yang mereka lakukan itu adalah perbuatan yang melanggar hukum, . . . mereka terhindar dari jerat hukum. . . kelicikannya.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang kalimat tersebut adalah. . .
a.    Bahwa, tetapi, karena           c. Jika, maka, atas
b.    Kalau, ketika, oleh                d. Jikalau, saat, sebab
Kunci Jawaban    : A

8.    Perhatikan paragraf rumpang di bawah ini!
Mirna memang anak tunggal, orang tuanya orang berada. Apa saja yang diinginkan dipenuhi orang tuanya. Barang mainan, keperluan sekolah di atas standar disediakan orang tuanya. Meskipun demikian, semua itu dinikmati dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mirna anak yang …. Dia tidak ingin mengecewakan orangtuanya dan terus berusaha untuk menggapai cita-citanya.
Paragraf rumpang tersebut dapat Anda lengkapi dengan ungkapan….
a.    Kepala batu                        c. Keras hati
b.    Besar kepala                      d. Keras kepala
Kunci Jawaban    : D

9.     Cermati paragraf rumpang berikut ini!
Seberapa penting dan menentukankah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap kehidupan masyarakat? ……….berlebihan kalau kita katakan………..pengaruh itu tidak ada. Pelemahan nilai tukar yang terus terjadi menimbulkan efek psikologis yang tidak baik. Apalagi, masyarakat pernah merasakan pengalaman pahit…………nilai terpuruk sehingga mengakibatkan barang-barang menghilang dari pasaran. ………….ada, harganya tidak terjangkau lagi.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah…
a. Tentu saja, kalau, begitu, barangkali
b. Tentunya, bahwa, ketika, kalau
c. Namun, bahwa, begitu, bahkan
d. Namun, ketika, begitu, barangkali
Kunci Jawaban    : B

10. Harga minyak ………pasar Asia kembali turun meskipun tetap berada ….. level yang tinggi. Berdasarkan New York marcantile exchange harga minyak linght sweet bulan November mencapai 49,64% dolar AS per Barrel. Harga tersebut turun 49,64 dollarAS per barrel pada penutupan perdagangan.
Kata depan untuk melengkapi paraggraf tersebut adalah…..
a.    untuk, di, dari                     c.    di, pada, dari
b.    pada, pada, daripada           d.    pada, di, dari
Kunci Jawaban    : C

3. Paragraf
Paragraf merupakan kumpulan kalimat yang berisi satu gagasan. Paragraf merupakan jalan yang ditempuh penulis untuk menyampaikan buah pikirannya. Tidak semua kumpulan bisa dikategorikan sebagai paragraf. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri paragraf supaya kita bisa membedakan kumpulan kalimat yang berupa paragraf dan buka.

A. Berikut ini adalah ciri-ciri paragraf:
1.     Kalimat pertama bertakuk (block style) ke dalam lima ketukan spasi untuk jenis karangan biasa, misalnya surat, dan delapan ketukan untuk jenis karangan ilmiah formal, misalnya: makalah, skripsi, desertasi, dll. Karangan berbentuk lurus dan tidak bertakuk  ditandai dengan jarak spasi merenggang, satu spasi lebih banyak daripada antar baris lainnya.
2.    Paragraf menggunakan pikiran utama (gagasan utama) yang dinyatakan dalam kalimat topic.
3.    Setiap paragraf menggunakan sebuah kalimat topik dan selebihnya merupakan kalimat pengembang yang berfungsi menjelaskan, menguraikan, atau menerangkan pikiran utama yang ada dalam kalimat topic.
4.    Paragraf menggunakan pikiran penjelas (gagasan penjelas) yang dinyatakan dalam kalimat penjelas. Kalimat ini berisi detail - detail kalimat topik. Paragraf bukan kumpulan kalimat - kalimat topik. Paragraf hanya besiri satu kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas. Setiap kalimat penjelas berisi detail yang sangat spesifik, dan tidak mengulang pikiran penjelas lainnya.

B. Macam-macam Paragraf
Berikut ini uraian singkat mengenai macam-macam paragraf beserta contoh-contohnya.
Ada 5 macam paragraf:
1.  Narasi: paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa.
Ciri-cirinya: ada kejadian, ada palaku, dan ada waktu kejadian.
Contoh:
Anak itu berjalan cepat menuju pintu rumahnya karena merasa khawatir seseorang akan memergoki kedatangannya. Sedikit susah payah dia membuka pintu itu. Ia begitu terkejut ketika daun pintu terbuka seorang lelaki berwajah buruk tiba-tiba berdiri di hadapannya. Tanpa berpikir panjang ia langsung mengayunkan tinjunya ke arah perut lelaki misterius itu. Ia semakin terkejut karena ternyata lelaki itu tetap bergeming. Raut muka lelaki itu semakin menyeramkan, bagaikan seekor singa yang siap menerkam. Anak itu pun memukulinya berulang kali hingga ia terjatuh tak sadarkan diri.

2. Deskripsi: paragraf yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.
Ciri-cirinya: ada objek yang digambarkan
Contoh:
Perempuan itu tinggi semampai. Jilbab warna ungu yang menutupi kepalanya membuat kulit wajanya yang kuning nampak semakin cantik. Matanya bulat bersinar disertai bulu mata yang tebal. Hidungnya mancung sekali mirip dengan para wanita palestina.

3. Eksposisi: paragraf yang menginformasikan suatu teori, teknik, kiat, atau petunjuk sehingga orang yang membacanya akan bertambah wawasannya.
Ciri-cirinya: ada informasi
Contoh:
Bahtsul masail sendiri merupakan forum diskusi keagamaan yang sudah mendarah daging di pesantren. Di dalamnya, dibahas persoalan-persoalan masyarakat yang membutuhkan tinjauan keagamaan secara ilmiah, rinci, dan terukur. Perlu diketahui pula bahwa sebagian besar topik yang muncul didasarkan atas laporan, aduan, atau keluhan masyarakat tentang persoalan agama, sosial, budaya, hingga ekonomi. Bisa dikatakan bahwa bahtsul masail sesungguhnya merupakan cara khas pesantren untuk menyuarakan aspirasi masyarakat melalui perspektif agama.

4. Argumentasi: paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya.
Ciri-cirinya: ada pendapat dan ada alasannya.
Contoh:
Keberhasilan domain itu memang tidak mudah diukur. Sebab, domain tersebut menyangkut hal yang sangat rumit, bahkan terkait dengan ''meta penampilan" siswa yang kadang-kadang tidak kelihatan. Membentuk karakter manusia memang membutuhkan pengorbanan, sebagaimana yang dilakukan negara-negara maju seperti Jepang, Singapura, dan Malaysia. Mereka bisa maju karena memiliki banyak orang pintar dan berkarakter.

5. Persuasi: paragraf yang mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu.
Ciri-cirinya: ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu.
Contoh:
Sebaiknya pemerintah melakukan penghematan. Selama ini, pemerintah boros dengan cara tiap tahun membeli ribuan mobil dinas baru serta membangun kantor-kantor baru dan guest house. Pemerintah juga selalu menambah jumlah PNS tanpa melakukan perampingan, membeli alat tulis kantor (ATK) secara berlebihan, dan sebagainya. Padahal, dana yang dimiliki tidak cukup untuk itu.

C. Unsur-Unsur Paragraf
a.  Kalimat utama
Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi inti atau dasar pengembang sebuah paragraf.
b.  Kalimat penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjelaskan kalimat utama.
c.   Ide pokok/gagasan utama
Ide pokok bacaan adalah hal pokok yang diungkapkan dalam suatu paragraf. Gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti keseluruhan isi paragraf. Gagasan pokok terdapat pada kalimat topik yang biasanya terletak di awal, diakhir, atau di tengah. Kalimat topik memiliki makna yang paling umum diantara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragaraf tersebut.
d.  Kalimat penegas
Kalimat penegas adalah kalimat yang berfungsi sebagai penegas, dengan cara mengulang bentuk kalimat topik pada bagian akhir paragraf.
e.  Transisi
Transisi adalah mata rantai penghubung paragraf. Transisi berfungsi sebagai penunjang koherensi atau kepaduan antarkalimat dalam suatu paragraf.



   D. Contoh
Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula. Cara yang dapat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut yang lucu, tetapi mengandung unsur pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula mewakili pesan moral. Misalnya, kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh orang bertubuh raksasa, tetapi sangat baik terhadap sesama.
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat di awal paragraf (deduksi), yaitu bacaan yang baik untuk anak.

E. Contoh Soal :
1.     Buah apel efektif mengatasi kolesterol tubuh. Buah ini memiliki lima unsur utama yang sangat efektif mengatasi penyebab penyempitan pembuluh darah manusia itu. Kelima unsur tersebut yaitu vitamin C, serat pectin, kalium, asam D’glucaric, dan fitokimia. Interaksi vitamin C dan serat pectin dikenal sebagai perpaduan efektif untuk menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ia juga dapat menurunkan racun dalam tubuh.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
a.    unsur-unsur utama dalam buah apel
b.    permasalahan kolesterol dan buah apel
c.    manfaat buah apel dalam kehidupan
d.    keefektifan apel mengatasi kolesterol
Kunci Jawaban: D

2.     (1) Banyak pengunjung pameran karya siswa merasa puas. (2) Karya yang dijual pun tak tersisa. (3) Bahkan, pengunjung yang tak sempat membeli langsung akhirnya harus bersabar menunggu karyanya selesai dipesan. (4) Pameran karya seni dalam rangka ulang tahun sekolahku sangat sukses.
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan dengan nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
Kunci Jawaban: D

3.    Korban kedua pembunuhan di rumah Yulianto (40) di Dusun  Kragilan  RT 2 RW 15, Pucangan , Kartosura, Sukoharjo, ditemukan sudah menjadi kerangka. Kerangka itu diyakini sebagai Sadiyo yang tinggal di Sraten, Pucanga, Kartosura. Kerangka ditemukan setelah petugas gabungan menggali tanah 80 cm sampai satu meter. Dalam penggalian yang membutuhkan waktu 2,5 jam sejak pukul 08.00 itu, petugas menemukan beberapa kerangka yang dimasukan dalam karung. Namun hanya satu saja yang teridentifikasi sebagai kerangka manusia. Jasad tersebut diyakini  bernama Sadiyo, yang berdasarkan pemeriksaan Laboratorium UNS, diperkirakan berusia 45 hingga 60 tahun. Proses evakuasi yang dilakukan oleh petugas  dengan meminta bantuan para tukang gali tanah itu menjadi perhatian ratusan warga. Polres Sukoharjo yang mengusut kasus ini melakukan  penggalian setelah ada pengakuan Yulianto. Tersangka mengaku membunuh Kopda Santoso dan Sadiyo. Hal itu dikemukakan Wakapolres Sukoharjo Kompol Endra Stiawan usai mengikuti penggalian kerangka Sadiyo.
Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ….
a.    Proses pembunuhan Yulianto kepada dua korban
b.    Kedua korban telah ditemukan oleh Kapolre Sukoharjo
c.    Ditemukan jasad korban pembunuhan Yulianto
d.    Ditemukan kerangka Sadiyo sebagai korban pembunuhan Oleh Yulianto
Kunci Jawaban : D

4.    Di era globalisasi, sumber daya manusia (SDM) yang handal merupakan satu kebutuhan yang mendasar. Upaya mendapatkan SDM handal dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain melalui penataran atau pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau kegiatan yang sejenis. Namun cara yang efektif untuk menghasilkan SDM yang handal adalah melalui jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang dapat belajar berdasarkan kurikulum yang terprogram dengan waktu  efektif yang pasti.
Simpulan isi paragraf tersebut yang sesuai  adalah ….
a.    SDM yang handal dapat diupayakan melalui pelatihan dan pendidikan
b.    Jalur pendidikan dianggap efektif untuk menghasilkan SDM yang handal
c.    Di era Globalisasi SDM yang handal sangat dibutuhkan
d.    SDM yang handal menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap Negara maju maupun berkembang
Kunci Jawaban : A

5.    Sudah sewajarnya TPI menang dan tidak dipailitkan. Keinginan kelompok yang ingin memailitkan TPI sangat tidak memiliki dasar uang kuat. Justru yang tertangkap pesan dari keinginan memailitkan TPI adalah bentuk kesewenang-wenangan, arogansi, dan masuk kategori kriminalisasi media yang disengaja.
Beruntung  masih  memiliki Mahkamah Agung (MA) yang menjadi palang pintu penegah terakhir. Keadilan pun akhirnya masih bisa ditegakkan. Mahkamah Agung menunjukkan bahwa media massa harus dijaga eksistensinya.
Bagaimanapun keputusan yang telah dibuat Mahkamah Agung telah menentramkan masyarakat yang bekerja di media. Khususnya para karyawan dan awak redaksi TPI. Kini mereka  merasa aman, tenang, dan dilindungi.
Gagasan utama wacana tersebut adalah ….
a. kemenangan TPI dalam hal kepailitan
b. TPI menentramkan karyawannya
c. keinginan memailitkan TPI
d. MA memailitkan TPI
Kunci Jawaban: C

4. Cerpen
Cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra yang berbentuk prosa atau karangan pendek (cerpen) yang berbentuk naratif. Cerpen mengisahkan sepenggal kehidupan manusia yang penuh pertikaian mengharukan / menyenangkan dan mengandung pesan yang tidak mudah dilupakan.

A. Unsur-unsur intrinsik cerpen
- Tema adalah sumber gagasan / ide cerita atau gagasan pokok yang dikembangakan menajdi sebuah karangan
- Alur adalah urutan peristiwa sebab akibat yang menjalin suatu cerita. Ada alur maju, alur mundur, dan alur gabungan (gabungan dari alur maju dan alur mundur)
- Tokoh adalah pelaku-pelaku dalam cerita. Tokoh dibedakan menjadi tiga, yakni protagonis (tokoh utama), antagonis (tokoh penentang), dan tritagonis (tokoh ketiga).
- Sudut pandang adalah tempat atau titik darimana seseorang melihat objek karangan. Terbagi dua, yaitu sudut pandang orang pertama (aku) dan sudut pandang orang ketiga (Mia, dia, dll).
- Latar adalah waktu dan tempat serta keadaan sosial yang digunakan pengarang dalam menyusun cerita. Ada tiga, yaitu latar tempat, waktu, dan suasana.
- Amanat adalah pesan moral yang terdapat dalam cerita.
- Gaya Bahasa


B. Unsur Ekstrinsik
Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung mempengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra. Unsur ekstrinsik meliputi:
-Nilai-nilai dalam cerita (agama, budaya, politik, ekonomi)
-Latar belakang kehidupan pengarang
-Situasi sosial ketika cerita itu diciptakan

C. Contoh Soal :
1.     Pagi hari berhambur cuaca nan cerah matahari menerobos kios-kios pasar. Tanpa sengaja aku kepergok Sri. Aku kikuk. Tak menyangka kalau Sri yang setahun tidak bertemu lantaran aku sibuk kuliah di kota, toh bertemu juga. Sri bendoyotan dengan belanja di tangan. Mau naik dokar barangkali.
Latar waktu dan tempat cuplikan cerpen tersebuta adalah ….
a.    Pagi yang cerah di depan pasar
b.    Pagi yang cerah di parkiran dokar
c.    Pagi yang cerah di dalam kios pasar
d.    Pagi yang cerah di depan warung sate
Kunci Jawaban    : A

2.    Sakerah adalah salah satu prajurit yang gagah berani. Tak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya. Ketika diam seribu bahasa, itu pertanda dia sedang mencari strategi untuk melumat lawan-lawannya. Satu persatu lawannya dibabat habis. Tak heran jika dia dijuluki oleh teman-teman seperjuangannya sebagai prajurit berani mati.
Dalam kutipan cerpen tersebut, watak tokoh dapat diketahui melalui ….
a.    Penuturan tokoh
b.    Tanggapan tokoh lain
c.    Penjelasan pengarang
d.    Penggambaran fisik/ tubuh
Kunci Jawaban    : C

Kutipan cerpen berikut untuk menjawab nomor 3
Cermati kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Bel tanda mulai mengerjakan soal berbunyi. Sonia membaca lembar soal yang ada di depannya, tetapi seketika itu juga ketenangannya terusik. Dibaca lagi, sambil diingatnya soal yang dia beli itu. Sama! Sonia yakin memang beda. Kok jadi begini? Sonia makin was-was. Setelah itu, keringat dingin mulai mengguyur tubuhnya. Sonia bingung dan jengkel. Sonia sadar jalan pintasnya salah arah. Sialnya, ia sama sekali tidk belajar. Tubuhnya lemas seketika. Kini buyarsudah angannya untuk menyaingi sekaligus membuat guru dan teman-temannya terlongo. Tetapi, justru dia yang bakal terlongo menyesali semuanya. Namun, semua itu sudah terlambat.
3.    Masalah yang diungkapkan dalam kutipan cerpen tersebut adalah. . .
a.    Keinginan Sonia untuk membuat teman-temannya terkejut.
b.    Soal yang dikerjakan Sonia tidak sama dengan yang dibelinya.
c.    Jalan pintas yang dilakukan Sonia tidak benar.
d.    Penyesalan Sonia yang sudah terlambat.
Kunci Jawaban    : B

4.    Bacalah penggalan cerita berikut dengan saksama!
Untuk pergi bersama-sama ke rimba tempat mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan Kampung Air Jernih, yang terletak di tepi Danau Bantau. Air jernih terletak pula di tepi Sungai putih yang bermuara ke danau. Dipinggir muara sungailah terletak kampung mereka. Mereka menuju hutan dengan menyusuri tepi sungai, memudikinya, memasuki hutan, dan mendaki gunung-gunung. Sungai tak dapat dilalui dengan perahu karena penuh dengan batu besar dan karena sungai mengalir dengan derasnya  turun dari gunung-gunung. Tapi…
Unsur intrinsik yang terdapat dalam penggalan cerita di atas adalah…
a.    alur dan latar            c.    latar dan sudut pandang
b.    alur dan tokoh           d.    tema dan karakter
Kunci Jawaban    : A

5.              Night Club, Pak, pusat kehidupan malam kota ini. Tempat orang-orang kaya membuang duitnya. Lampunya lima watt, remang-remang, perempuan antik, dan musik gila-gilaan. Pendeknya yahud,“ ujar penjaga sambil mengacungkan jempolnya.
          “Lantas, apa yang mereka bikin di situ?” suaranya tercekik, membayangkan ketakutan yang besar.
“Berdansa, bersenang-senang, dan minum-minuman kers. Biasa, Pak, Jakarta,”jawabnya ringan.
          “Astaga, Gusti Pangeran Nyuwun Ngapura. . . Adikku sering ke situ?” ujarnya lirih mengandung sendu.
“Tidak ke situ. Ke Paprika, tapi sama saja. Malah karisnya mahal di sana, enam ratus ribu.”
“Enam ratus ribu, sama dengan dua buln gajiku,” keluhnya pelan. Lampu-lampu yang berkilauan terasa menusuk-nusuk matanya, sedang kebisingan kota menyayat-nyayat hatinya. Samar-samar mulai disadarinya bahwa dia tengah kehilangan adiknya, Paijo terinta.
                                                                   (Jakarta Oleh Totilawati Tjitrawrsita)
Pendeskripsian watak tokoh kakak Paijo melalui. . .
a.  Gambaran fisik tokoh
b.  Pendapat tokoh lain
c.   Gambaran langsung oleh pengarang
d.  Tanggapan tokoh lain
Kunci Jawaban    : D

5. Drama
Drama adalah suatu aksi atau perbuatan (bahasa yunani). Sedangkan dramatik adalah jenis karangan yang dipertunjukkan dalan suatu tingkah laku, mimik dan perbuatan. Sandiwara adalah sebutan lain dari drama di mana sandi adalah rahasia dan wara adalah pelajaran. Orang yang memainkan drama disebut aktor atau lakon.
A.  Unsur-Unsur Instrinsik, yaitu unsur yang membangun dari dalam drama.
Terdiri atas :
a. Tema
Tema sebuah drama merupakan permasalahan yang mendasari sebuah cerita. Pokok permasalahan itu mungkin berupa kehidupan, pandangan hidup atau komentar tentang lingkungan. Tema berkedudukan sangatlah penting karena merupakan titik sentral yang melatar belakangi suatu cerita atau peristiwa.
              b. Latar
Dalam suatu cerita drama merupakan gambaran tentang tempat, suasana, dan waktu terjadinya suatu peristiwa secara umum.
              c. Alur atau Plot
    Alur merupakan susunan peristiwa yang terpilih dan diatur oleh pengarang  secarara logis dalam hubungan sebap akibat, sehingga memebentuk suatu cerita yang utuh.
d. Tokoh
Tokoh adalah pelaku-pelaku dalam cerita. Tokoh dibedakan menjadi tiga, yakni protagonis (tokoh utama), antagonis (tokoh penentang), dan tritagonis (tokoh ketiga).
e. Amanat adalah pesan moral yang terdapat dalam cerita.
f. Gaya Bahasa
g.  Sudut pandang

B.   Ekstrinsi (unsur luar)
Unsur-unsur luar adalah unsur yang tampak, seperti adanya dialog atau percakapan. Namun, unsur-unsur ini bisa bertambah ketika naskah sudah dipentaskan. Di sana akan tampak panggung, properti, tokoh, sutradara, dan penonton.

C.  Contoh Soal:
Bacalah kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Masut : Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir)
Guru : Bisa saja istri kamu, Ut.
1. Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ...
          a. santai                c. haru
     b. tegang               d. seram
Kunci Jawaban : A

2. Latar tempat kutipan drama tersebut adalah ....
a.    rumah guru                 c. ruang kerja
b.    rumah Masut     d. ruang kelas
Kunci Jawaban : B

3.    Yoga   :kamu sudah degar berita tentang Rury?
Pohan :belum, memang ada apa dengan Rury?
Yoga   : kemaren ia jatuh dari pohon mangga. Kakinya patah dan sekarang
  dirawat di rumah sakit.
Danu  : ah, biarkan saja biar dia tahu rasa kerena mengambil mangga orang
Watak tokoh yoga pada kutiban drama tersebut adalah…..
a.Tidak peduli                  c. Pencuriga
b. Masa bodoh                 d. Perhatian
Kunci Jawaban    : D

4.    Munawardi   : Toloong ada yang mau jahat kepada saya
Orang-orang :  Mana…..mana orangnya ?
Dudi            :  Ayo kita haajar biar kapok !
Kurdi           :  Jangan…..jangan ! Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti watak Kurdi dalam kutipan  drama tersebut bijaksana adalah…..
a.       Dia mau membantu orang yang berbuat jahat
b.      Dia membertahukan orang yang berbuat jahat
c.       Dia mengajak orang orang untuk menghajas perampok
d.       Dia mengingatkan orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.
Kunci Jawaban       : D


















>

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Jadilah pembaca yang baik dan budiman, diharap jika mengcopas isi dari blog ini cantumkan alamat blognya.
Silakan berkomentar dengan santun, dengan senang hati saya akan membalasnya ^_^