1. Fakta dan Opini
Fakta
merupakanpenyataan yang tak terbantah lag kebenarannya. Kalimat yang berisi
fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, peristiwa, suasana,
yang benar-benar terjadi dan bersifat objektif. Ini berbeda denga pendapat atau
pini yang kemungkinan kebenarannya relatif karena dipengaruhi irri pribadi,
yang bersifat subjektif. Pendapat memiliki ciri-ciri fisik yang biasanya
ditandai kata-kata seperti mungkin, bias, jadi, sangat, tidak mungkin, sebaiknya,
dan lain-lain yang menunjuk kepada subjektifitas seseorang.
A. Contoh
Kalimat fakta :
-Mendiknas
meresmikan Falkutas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tanggal 15
Juni 2003.
-Negara
Indonesia terdiri atas pulau besar dan kecil.
Kalimat Opini :
-Sebaiknya
Anda menunggu sampai acara selesai.
-Langit
mendung mungkin sebentar lagi hujan deras.
B. Contoh Soal :
1. Udara
di Bogor terasa dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya.
(3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ºC. (4) Data tingkat suhu udara
ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota
Bogor.
Dua
kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
a.
(1) dan (2) c.
(1) dan (3)
b.
(2) dan (3) d.
(2) dan (4)
Kunci jawaban : A
2. Pemkot
Depok telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya
di pinggir jalan. (2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di
samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4)
Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Desember itu disambut dengan senang oleh
para pengguna jalan.
Dua
kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
a. (1) dan (2) c. (2) dan (3)
a. (1) dan (2) c. (2) dan (3)
b.
(1) dan (4) d. (3) dan
(4)
Kunci Jawaban : B
3. Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
(1)
Kalau kesehatan di desa-desa kuat maka ketahanan masyarakat juga kuat. (2)
Begitu penegasan Menteri Kesehatan Achmad Sujudi tentang dasar program Waning
Obat Desa (WOD). (3) Di desa-desa, lanjutnya, yang menjadi ujung tombak
kesehatan adalah bidan. (4) Selain bertugas menangani ibu-ibu hamil, bidan juga
memberikan pelayanan kesehatan lain. (5) Beban itu terlalu berat maka perlu
tenaga lain yang membantu.
Opini
dalam paragraf tersebut terdapat dalam kalimat nomor. . .
Kunci Jawaban : B
Teks berikut untuk
menjawab soal nomor 4 dan 5
Bacalah wacana beikut
dengan saksma!
Manfaat
susu sudah tidak diragukan lagi. Hampir semua zat gizi yang terdapat dalam susu
bermutu baik. Protein dan lemak susu memiliki sifat mudah dicerna yang tinggi.
Kandungan vitamin dan mineral susu juga relatif lengkap. Susu dapat dikonsumsi
dalam berbagai bentuk. Ada yang segar atau ada yang dalam bentuk terolah,
seperti susu bubuk atau susu kental manis. Manusia juga mengonsumsi susu dari
produk pangan yang mengandung susu, seperti keju, eskrim, dan yogurt.
4. Fakta
yang terdapat pada wacana tersebut adalah. . .
a. Manfaat
susu tidak diragukan lagi.
b. Hampir
semua zat gizi yang terdapat dalam susu bermutu baik.
c. Protein
dan lemk susu memiliki sifat ketercenaan yang tinggi.
d. Susu
dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk
Kunci Jawaban : D
5. Opini
yang terdapat dalam wacana tersebut adalah. . .
a. Susu
dapat dikonsumsi dalam bentuk eskrim.
b. Susu
memiliki sifat mudah dicern yang tinggi.
c. Susu
dapat dikonsumsi dalam bentuk yogurt
d. Susu
dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk
Kunci Jawaban : B
1. Paragraf Rumpang
Paragraf rumpang
yaitu paragraf yang salah satu kalimatnya kosong.
Cara mengisi paragraf
yang rumpang yaitu:
1. Isilah yang sesuai
dengan kalimat sebelumnya.
2. Kalimatnya tidak
keluar dari topik
A. Contoh
Perhatikan paragraf
rumpang berikut ini!
(1) Sejak Operasi
Halilintar itu, polisi Irak juga berjaga-jaga di jalanan, baik siang maupun
malam. (2)… (3) Karena itulah Operasi Halilintar ini kurang mendapat simpati di
kalangan Sunni Arab. (4) Pasalnya, yang kerap diperiksa dan digeledah rumahnya
adalah kaum Sunni Arab. (5) Banyak warga yang mengaku bahwa pasukan Irak atau
pun AS kerap menangkap warga yang tidak bersalah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang agar menjadi paragraf yang lengkap dan padu adalah…
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang agar menjadi paragraf yang lengkap dan padu adalah…
a. Polisi Irak dalam
tugasnya berpakaian sipil, namun bersenjata.
b. Pos-pos
pemeriksaan pun kini berada di hampir setiap jalan masuk ke kota.
c. Mereka bersenjata,
lengkap dengan rompi antipelurunya.
d. Amerika pun tidak
tinggal diam membantu polisi Irak tersebut.
Kunci Jawaban : B
B. Contoh Soal :
1. Tujuan pelatihan
kecerdasan emosional ini. . . orang tua sadar terhadap emosi mereka sendiri dan
dapat menggunakan kepekaan mereka . . . enyelaraskan diri secara tulus dengan
perasaan anak mereka.
Kata penghubung
antarklausa yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah. . .
a. Demi, bagi c. agar, untuk
b. Bila, agar d. kalau, demi
Kunci Jawaban : C
2. . . . Bapak setuju .
. . tidak, kami tetap jalan terus.
Isian yang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah. . .
a. Baik, maupun c. jangankan, pun
b. Tidak hanya, tetapi
juga d. apakah, atau
Kunci Jawaban : E
3. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Kedua mempelai itu
kelihatan sangat serasi. Mereka sudah menjalin hubungan selama lima tahun
terakhir. Walaupun ada perbedaan di antara keduanya, tetapi mereka dapat
menerima kekurangan dn kelebihan masing-masing . . . Itulah yang menjadi
pegangan mereka.
Kalimat yang tepat
untuk mengisi bagian rumpang paragraf tersebut adalah. . a. Keduanya bekerja
untuk menutupi kekurangan itu.
b. Mempelai itu
akhirnya berjanji untuk sehidup semati.
c. Mereka berjanji
akan saling memahami dan menghargai semua itu.
d. Semua orang
memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing
Kunci Jawaban : C
4. Cermati kalimat rumpang berikut!
Dalam. . . American Association for Advance of Science,
di Washington, Amerika Serikat, pekan lalu, . . . robot yang . . . dua kaki
dengan kemampuan menjaga keseimbangan.
Kata yang tepat untuk
mengisi bagian kalimat yng rumpang tersebut adalah. . .
a. Ditemukan,
dikenalkan, dijalankan
b. Menemukan,
mengenalkan, menjalankan
c. Pertemuan,
diperkenalkan, berjalan
d. Ditemui, mengenali,
dijalankan
Kunci Jawaban : C
5. Cermati kalimat rumpang berikut!
Pusat pertokoan itu
dilengkapi dengan . . . untuk menyenangkan dan menghibur para pengunjung.
Kata penghubung yang
tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut adalah . . .
a. Panggung hiburan c. tempat istirahat
b. Ruang ganti d. taman wisata
Kunci jawaban : A
6. Cermati kalimat rumpang berikut!
Selain coraknya . . .
baru . . . rupawan, tanaman harlequin dinilai lebih unggul . .
warnanya lembut.
Kata penghubung yang
tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut adalah. . .
a. Karena, dan, yaitu c. Yang, serta, tetapi
b. Sebab, lagipula, maka
d. Yang, dan, karena
Kunci Jawaban : E
7. Mereka sebenarnya
menyadari. . . yang mereka lakukan itu adalah perbuatan yang melanggar hukum, .
. . mereka terhindar dari jerat hukum. . . kelicikannya.
Kata penghubung yang
tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang kalimat tersebut adalah. . .
a. Bahwa, tetapi, karena c. Jika, maka, atas
b. Kalau, ketika, oleh d.
Jikalau, saat, sebab
Kunci Jawaban : A
8. Perhatikan paragraf rumpang di bawah ini!
Mirna memang anak tunggal,
orang tuanya orang berada. Apa saja yang diinginkan dipenuhi orang tuanya.
Barang mainan, keperluan sekolah di atas standar disediakan orang tuanya.
Meskipun demikian, semua itu dinikmati dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mirna
anak yang …. Dia tidak ingin mengecewakan orangtuanya dan terus berusaha untuk
menggapai cita-citanya.
Paragraf rumpang tersebut
dapat Anda lengkapi dengan ungkapan….
a. Kepala
batu c. Keras hati
b. Besar
kepala d. Keras
kepala
Kunci Jawaban : D
9. Cermati paragraf rumpang
berikut ini!
Seberapa penting dan
menentukankah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap kehidupan masyarakat?
……….berlebihan kalau kita katakan………..pengaruh itu tidak ada. Pelemahan nilai
tukar yang terus terjadi menimbulkan efek psikologis yang tidak baik. Apalagi,
masyarakat pernah merasakan pengalaman pahit…………nilai terpuruk sehingga
mengakibatkan barang-barang menghilang dari pasaran. ………….ada, harganya tidak
terjangkau lagi.
Kata penghubung yang tepat
untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah…
a. Tentu saja, kalau,
begitu, barangkali
b. Tentunya, bahwa,
ketika, kalau
c. Namun, bahwa, begitu,
bahkan
d. Namun, ketika, begitu,
barangkali
Kunci Jawaban : B
10. Harga minyak ………pasar Asia
kembali turun meskipun tetap berada ….. level yang tinggi. Berdasarkan New York
marcantile exchange harga minyak linght sweet bulan November mencapai 49,64%
dolar AS per Barrel. Harga tersebut turun 49,64 dollarAS per barrel pada
penutupan perdagangan.
Kata depan untuk
melengkapi paraggraf tersebut adalah…..
a.
untuk, di, dari c.
di, pada, dari
b. pada,
pada, daripada d.
pada, di, dari
Kunci Jawaban : C
3. Paragraf
Paragraf merupakan
kumpulan kalimat yang berisi satu gagasan. Paragraf merupakan jalan yang
ditempuh penulis untuk menyampaikan buah pikirannya. Tidak semua kumpulan bisa
dikategorikan sebagai paragraf. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk
mengetahui ciri-ciri paragraf supaya kita bisa membedakan kumpulan kalimat yang
berupa paragraf dan buka.
A. Berikut ini adalah
ciri-ciri paragraf:
1. Kalimat pertama
bertakuk (block style) ke dalam lima ketukan spasi untuk jenis karangan biasa,
misalnya surat, dan delapan ketukan untuk jenis karangan ilmiah formal,
misalnya: makalah, skripsi, desertasi, dll. Karangan berbentuk lurus dan tidak
bertakuk ditandai dengan jarak spasi merenggang, satu spasi lebih banyak
daripada antar baris lainnya.
2. Paragraf menggunakan
pikiran utama (gagasan utama) yang dinyatakan dalam kalimat topic.
3. Setiap paragraf
menggunakan sebuah kalimat topik dan selebihnya merupakan kalimat pengembang
yang berfungsi menjelaskan, menguraikan, atau menerangkan pikiran utama yang
ada dalam kalimat topic.
4. Paragraf menggunakan
pikiran penjelas (gagasan penjelas) yang dinyatakan dalam kalimat penjelas.
Kalimat ini berisi detail - detail kalimat topik. Paragraf bukan kumpulan
kalimat - kalimat topik. Paragraf hanya besiri satu kalimat topik dan beberapa
kalimat penjelas. Setiap kalimat penjelas berisi detail yang sangat spesifik,
dan tidak mengulang pikiran penjelas lainnya.
B. Macam-macam Paragraf
Berikut ini uraian
singkat mengenai macam-macam paragraf beserta contoh-contohnya.
Ada 5 macam paragraf:
Ada 5 macam paragraf:
1. Narasi: paragraf yang
menceritakan suatu kejadian atau peristiwa.
Ciri-cirinya: ada kejadian, ada
palaku, dan ada waktu kejadian.
Contoh:
Anak itu berjalan cepat menuju pintu rumahnya karena merasa khawatir seseorang akan memergoki kedatangannya. Sedikit susah payah dia membuka pintu itu. Ia begitu terkejut ketika daun pintu terbuka seorang lelaki berwajah buruk tiba-tiba berdiri di hadapannya. Tanpa berpikir panjang ia langsung mengayunkan tinjunya ke arah perut lelaki misterius itu. Ia semakin terkejut karena ternyata lelaki itu tetap bergeming. Raut muka lelaki itu semakin menyeramkan, bagaikan seekor singa yang siap menerkam. Anak itu pun memukulinya berulang kali hingga ia terjatuh tak sadarkan diri.
2. Deskripsi: paragraf yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.
Anak itu berjalan cepat menuju pintu rumahnya karena merasa khawatir seseorang akan memergoki kedatangannya. Sedikit susah payah dia membuka pintu itu. Ia begitu terkejut ketika daun pintu terbuka seorang lelaki berwajah buruk tiba-tiba berdiri di hadapannya. Tanpa berpikir panjang ia langsung mengayunkan tinjunya ke arah perut lelaki misterius itu. Ia semakin terkejut karena ternyata lelaki itu tetap bergeming. Raut muka lelaki itu semakin menyeramkan, bagaikan seekor singa yang siap menerkam. Anak itu pun memukulinya berulang kali hingga ia terjatuh tak sadarkan diri.
2. Deskripsi: paragraf yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.
Ciri-cirinya: ada objek yang
digambarkan
Contoh:
Perempuan itu tinggi semampai. Jilbab warna ungu yang menutupi kepalanya membuat kulit wajanya yang kuning nampak semakin cantik. Matanya bulat bersinar disertai bulu mata yang tebal. Hidungnya mancung sekali mirip dengan para wanita palestina.
Perempuan itu tinggi semampai. Jilbab warna ungu yang menutupi kepalanya membuat kulit wajanya yang kuning nampak semakin cantik. Matanya bulat bersinar disertai bulu mata yang tebal. Hidungnya mancung sekali mirip dengan para wanita palestina.
3. Eksposisi: paragraf yang menginformasikan suatu teori, teknik, kiat, atau petunjuk sehingga orang yang membacanya akan bertambah wawasannya.
Ciri-cirinya: ada informasi
Contoh:
Bahtsul masail sendiri merupakan forum diskusi keagamaan yang sudah mendarah daging di pesantren. Di dalamnya, dibahas persoalan-persoalan masyarakat yang membutuhkan tinjauan keagamaan secara ilmiah, rinci, dan terukur. Perlu diketahui pula bahwa sebagian besar topik yang muncul didasarkan atas laporan, aduan, atau keluhan masyarakat tentang persoalan agama, sosial, budaya, hingga ekonomi. Bisa dikatakan bahwa bahtsul masail sesungguhnya merupakan cara khas pesantren untuk menyuarakan aspirasi masyarakat melalui perspektif agama.
Bahtsul masail sendiri merupakan forum diskusi keagamaan yang sudah mendarah daging di pesantren. Di dalamnya, dibahas persoalan-persoalan masyarakat yang membutuhkan tinjauan keagamaan secara ilmiah, rinci, dan terukur. Perlu diketahui pula bahwa sebagian besar topik yang muncul didasarkan atas laporan, aduan, atau keluhan masyarakat tentang persoalan agama, sosial, budaya, hingga ekonomi. Bisa dikatakan bahwa bahtsul masail sesungguhnya merupakan cara khas pesantren untuk menyuarakan aspirasi masyarakat melalui perspektif agama.
4. Argumentasi: paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya.
Ciri-cirinya: ada pendapat dan ada
alasannya.
Contoh:
Keberhasilan domain itu memang tidak mudah diukur. Sebab, domain tersebut menyangkut hal yang sangat rumit, bahkan terkait dengan ''meta penampilan" siswa yang kadang-kadang tidak kelihatan. Membentuk karakter manusia memang membutuhkan pengorbanan, sebagaimana yang dilakukan negara-negara maju seperti Jepang, Singapura, dan Malaysia. Mereka bisa maju karena memiliki banyak orang pintar dan berkarakter.
Keberhasilan domain itu memang tidak mudah diukur. Sebab, domain tersebut menyangkut hal yang sangat rumit, bahkan terkait dengan ''meta penampilan" siswa yang kadang-kadang tidak kelihatan. Membentuk karakter manusia memang membutuhkan pengorbanan, sebagaimana yang dilakukan negara-negara maju seperti Jepang, Singapura, dan Malaysia. Mereka bisa maju karena memiliki banyak orang pintar dan berkarakter.
5. Persuasi: paragraf yang mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu.
Ciri-cirinya: ada bujukan atau
ajakan untuk berbuat sesuatu.
Contoh:
Sebaiknya pemerintah melakukan penghematan. Selama ini, pemerintah boros dengan cara tiap tahun membeli ribuan mobil dinas baru serta membangun kantor-kantor baru dan guest house. Pemerintah juga selalu menambah jumlah PNS tanpa melakukan perampingan, membeli alat tulis kantor (ATK) secara berlebihan, dan sebagainya. Padahal, dana yang dimiliki tidak cukup untuk itu.
Sebaiknya pemerintah melakukan penghematan. Selama ini, pemerintah boros dengan cara tiap tahun membeli ribuan mobil dinas baru serta membangun kantor-kantor baru dan guest house. Pemerintah juga selalu menambah jumlah PNS tanpa melakukan perampingan, membeli alat tulis kantor (ATK) secara berlebihan, dan sebagainya. Padahal, dana yang dimiliki tidak cukup untuk itu.
C. Unsur-Unsur Paragraf
a. Kalimat utama
Kalimat
utama adalah kalimat yang menjadi inti atau dasar pengembang sebuah paragraf.
b. Kalimat penjelas
Kalimat
penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjelaskan kalimat utama.
c. Ide pokok/gagasan utama
Ide pokok bacaan
adalah hal pokok yang diungkapkan dalam suatu paragraf. Gagasan utama merupakan
pernyataan yang menjadi inti keseluruhan isi paragraf. Gagasan pokok terdapat
pada kalimat topik yang biasanya terletak di awal, diakhir, atau di tengah.
Kalimat topik memiliki makna yang paling umum diantara kalimat-kalimat yang
terdapat pada paragaraf tersebut.
d. Kalimat penegas
Kalimat penegas adalah kalimat yang
berfungsi sebagai penegas, dengan cara mengulang bentuk kalimat topik pada
bagian akhir paragraf.
e. Transisi
Transisi adalah mata rantai penghubung
paragraf. Transisi berfungsi sebagai penunjang koherensi atau kepaduan
antarkalimat dalam suatu paragraf.
D. Contoh
Bacaan
yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula.
Cara yang dapat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut yang
lucu, tetapi mengandung unsur pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat
pula mewakili pesan moral. Misalnya, kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh
orang bertubuh raksasa, tetapi sangat baik terhadap sesama.
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat di awal paragraf
(deduksi), yaitu bacaan yang baik untuk anak.
E. Contoh Soal :
1. Buah apel efektif
mengatasi kolesterol tubuh. Buah ini memiliki lima unsur utama yang sangat
efektif mengatasi penyebab penyempitan pembuluh darah manusia itu. Kelima unsur
tersebut yaitu vitamin C, serat pectin, kalium, asam D’glucaric, dan fitokimia.
Interaksi vitamin C dan serat pectin dikenal sebagai perpaduan efektif untuk
menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ia juga dapat
menurunkan racun dalam tubuh.
Gagasan utama
paragraf tersebut adalah ….
a. unsur-unsur utama
dalam buah apel
b. permasalahan
kolesterol dan buah apel
c. manfaat buah apel
dalam kehidupan
d. keefektifan apel
mengatasi kolesterol
Kunci Jawaban: D
2. (1) Banyak pengunjung pameran karya siswa
merasa puas. (2) Karya yang dijual pun tak tersisa. (3) Bahkan, pengunjung yang
tak sempat membeli langsung akhirnya harus bersabar menunggu karyanya selesai
dipesan. (4) Pameran karya seni dalam rangka ulang tahun sekolahku sangat
sukses.
Kalimat utama
paragraf tersebut ditunjukkan dengan nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
Kunci Jawaban: D
3. Korban kedua
pembunuhan di rumah Yulianto (40) di Dusun Kragilan RT 2 RW 15,
Pucangan , Kartosura, Sukoharjo, ditemukan sudah menjadi kerangka. Kerangka itu
diyakini sebagai Sadiyo yang tinggal di Sraten, Pucanga, Kartosura. Kerangka
ditemukan setelah petugas gabungan menggali tanah 80 cm sampai satu meter.
Dalam penggalian yang membutuhkan waktu 2,5 jam sejak pukul 08.00 itu, petugas
menemukan beberapa kerangka yang dimasukan dalam karung. Namun hanya satu saja
yang teridentifikasi sebagai kerangka manusia. Jasad tersebut diyakini
bernama Sadiyo, yang berdasarkan pemeriksaan Laboratorium UNS, diperkirakan
berusia 45 hingga 60 tahun. Proses evakuasi yang dilakukan oleh petugas
dengan meminta bantuan para tukang gali tanah itu menjadi perhatian ratusan
warga. Polres Sukoharjo yang mengusut kasus ini melakukan penggalian
setelah ada pengakuan Yulianto. Tersangka mengaku membunuh Kopda Santoso dan
Sadiyo. Hal itu dikemukakan Wakapolres Sukoharjo Kompol Endra Stiawan usai
mengikuti penggalian kerangka Sadiyo.
Informasi yang
merupakan isi teks berita tersebut adalah ….
a. Proses pembunuhan
Yulianto kepada dua korban
b. Kedua korban telah
ditemukan oleh Kapolre Sukoharjo
c. Ditemukan jasad
korban pembunuhan Yulianto
d. Ditemukan kerangka
Sadiyo sebagai korban pembunuhan Oleh Yulianto
Kunci Jawaban : D
4. Di era globalisasi,
sumber daya manusia (SDM) yang handal merupakan satu kebutuhan yang mendasar.
Upaya mendapatkan SDM handal dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain
melalui penataran atau pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau kegiatan
yang sejenis. Namun cara yang efektif untuk menghasilkan SDM yang handal adalah
melalui jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang dapat
belajar berdasarkan kurikulum yang terprogram dengan waktu efektif yang
pasti.
Simpulan isi paragraf
tersebut yang sesuai adalah ….
a. SDM yang handal dapat
diupayakan melalui pelatihan dan pendidikan
b. Jalur pendidikan
dianggap efektif untuk menghasilkan SDM yang handal
c. Di era Globalisasi
SDM yang handal sangat dibutuhkan
d. SDM yang handal
menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap Negara maju maupun berkembang
Kunci Jawaban : A
5.
Sudah sewajarnya TPI menang dan tidak
dipailitkan. Keinginan kelompok yang ingin memailitkan TPI sangat tidak
memiliki dasar uang kuat. Justru yang tertangkap pesan dari keinginan
memailitkan TPI adalah bentuk kesewenang-wenangan, arogansi, dan masuk kategori
kriminalisasi media yang disengaja.
Beruntung
masih memiliki Mahkamah Agung (MA) yang menjadi palang pintu penegah
terakhir. Keadilan pun akhirnya masih bisa ditegakkan. Mahkamah Agung
menunjukkan bahwa media massa harus dijaga eksistensinya.
Bagaimanapun
keputusan yang telah dibuat Mahkamah Agung telah menentramkan masyarakat yang
bekerja di media. Khususnya para karyawan dan awak redaksi TPI. Kini
mereka merasa aman, tenang, dan dilindungi.
Gagasan
utama wacana tersebut adalah ….
a.
kemenangan TPI dalam hal kepailitan
b. TPI
menentramkan karyawannya
c.
keinginan memailitkan TPI
d. MA
memailitkan TPI
Kunci Jawaban: C
4.
Cerpen
Cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra yang berbentuk
prosa atau karangan pendek (cerpen) yang berbentuk naratif. Cerpen mengisahkan
sepenggal kehidupan manusia yang penuh pertikaian mengharukan / menyenangkan
dan mengandung pesan yang tidak mudah dilupakan.
A.
Unsur-unsur intrinsik cerpen
-
Tema adalah sumber gagasan / ide cerita atau gagasan pokok yang dikembangakan
menajdi sebuah karangan
-
Alur adalah urutan peristiwa sebab akibat yang menjalin suatu cerita. Ada alur
maju, alur mundur, dan alur gabungan (gabungan dari alur maju dan alur mundur)
-
Tokoh adalah pelaku-pelaku dalam cerita. Tokoh dibedakan menjadi tiga, yakni
protagonis (tokoh utama), antagonis (tokoh penentang), dan tritagonis (tokoh
ketiga).
-
Sudut pandang adalah tempat atau titik darimana seseorang melihat objek
karangan. Terbagi dua, yaitu sudut pandang orang pertama (aku) dan sudut
pandang orang ketiga (Mia, dia, dll).
-
Latar adalah waktu dan tempat serta keadaan sosial yang digunakan pengarang
dalam menyusun cerita. Ada tiga, yaitu latar tempat, waktu, dan suasana.
-
Amanat adalah pesan moral yang terdapat dalam cerita.
-
Gaya Bahasa
B. Unsur Ekstrinsik
Unsur ekstrinsik
adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak
langsung mempengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra. Unsur
ekstrinsik meliputi:
-Nilai-nilai dalam
cerita (agama, budaya, politik, ekonomi)
-Latar belakang
kehidupan pengarang
-Situasi sosial
ketika cerita itu diciptakan
C. Contoh Soal :
1. Pagi hari berhambur
cuaca nan cerah matahari menerobos kios-kios pasar. Tanpa sengaja aku kepergok
Sri. Aku kikuk. Tak menyangka kalau Sri yang setahun tidak bertemu lantaran aku
sibuk kuliah di kota, toh bertemu juga. Sri bendoyotan dengan belanja di
tangan. Mau naik dokar barangkali.
Latar waktu dan
tempat cuplikan cerpen tersebuta adalah ….
a. Pagi yang cerah di
depan pasar
b. Pagi yang cerah di
parkiran dokar
c. Pagi yang cerah di
dalam kios pasar
d. Pagi yang cerah di
depan warung sate
Kunci Jawaban :
A
2. Sakerah adalah salah
satu prajurit yang gagah berani. Tak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya.
Ketika diam seribu bahasa, itu pertanda dia sedang mencari strategi untuk
melumat lawan-lawannya. Satu persatu lawannya dibabat habis. Tak heran jika dia
dijuluki oleh teman-teman seperjuangannya sebagai prajurit berani mati.
Dalam kutipan cerpen
tersebut, watak tokoh dapat diketahui melalui ….
a. Penuturan tokoh
b. Tanggapan tokoh lain
c. Penjelasan pengarang
d. Penggambaran fisik/
tubuh
Kunci Jawaban : C
Kutipan cerpen berikut untuk menjawab nomor 3
Cermati kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Bel tanda mulai
mengerjakan soal berbunyi. Sonia membaca lembar soal yang ada di depannya,
tetapi seketika itu juga ketenangannya terusik. Dibaca lagi, sambil diingatnya
soal yang dia beli itu. Sama! Sonia yakin memang beda. Kok jadi begini? Sonia
makin was-was. Setelah itu, keringat dingin mulai mengguyur tubuhnya. Sonia
bingung dan jengkel. Sonia sadar jalan pintasnya salah arah. Sialnya, ia sama
sekali tidk belajar. Tubuhnya lemas seketika. Kini buyarsudah angannya untuk
menyaingi sekaligus membuat guru dan teman-temannya terlongo. Tetapi, justru dia yang bakal terlongo menyesali
semuanya. Namun, semua itu sudah terlambat.
3. Masalah yang
diungkapkan dalam kutipan cerpen tersebut adalah. . .
a. Keinginan Sonia untuk
membuat teman-temannya terkejut.
b. Soal yang dikerjakan
Sonia tidak sama dengan yang dibelinya.
c. Jalan pintas yang
dilakukan Sonia tidak benar.
d. Penyesalan Sonia yang
sudah terlambat.
Kunci Jawaban : B
4. Bacalah penggalan cerita
berikut dengan saksama!
Untuk pergi bersama-sama
ke rimba tempat mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan Kampung
Air Jernih, yang terletak di tepi Danau Bantau. Air jernih terletak pula di
tepi Sungai putih yang bermuara ke danau. Dipinggir muara sungailah terletak
kampung mereka. Mereka menuju hutan dengan menyusuri tepi sungai, memudikinya,
memasuki hutan, dan mendaki gunung-gunung. Sungai tak dapat dilalui dengan
perahu karena penuh dengan batu besar dan karena sungai mengalir dengan
derasnya turun dari gunung-gunung. Tapi…
Unsur intrinsik yang
terdapat dalam penggalan cerita di atas adalah…
a. alur
dan latar c.
latar dan sudut pandang
b. alur
dan tokoh d.
tema dan karakter
Kunci Jawaban : A
5. “Night Club, Pak, pusat kehidupan malam
kota ini. Tempat orang-orang kaya membuang duitnya. Lampunya lima watt,
remang-remang, perempuan antik, dan musik gila-gilaan. Pendeknya yahud,“ ujar penjaga sambil mengacungkan
jempolnya.
“Lantas,
apa yang mereka bikin di situ?” suaranya tercekik, membayangkan ketakutan yang besar.
“Berdansa,
bersenang-senang, dan minum-minuman kers. Biasa, Pak, Jakarta,”jawabnya ringan.
“Astaga,
Gusti Pangeran Nyuwun Ngapura. . . Adikku sering ke situ?” ujarnya lirih
mengandung sendu.
“Tidak ke situ. Ke
Paprika, tapi sama saja. Malah karisnya mahal di sana, enam ratus ribu.”
“Enam ratus ribu,
sama dengan dua buln gajiku,” keluhnya pelan. Lampu-lampu yang berkilauan
terasa menusuk-nusuk matanya, sedang kebisingan kota menyayat-nyayat hatinya.
Samar-samar mulai disadarinya bahwa dia tengah kehilangan adiknya, Paijo
terinta.
(Jakarta Oleh
Totilawati Tjitrawrsita)
Pendeskripsian watak
tokoh kakak Paijo melalui. . .
a. Gambaran fisik tokoh
b. Pendapat tokoh lain
c. Gambaran langsung
oleh pengarang
d. Tanggapan tokoh lain
Kunci Jawaban : D
5. Drama
Drama adalah suatu aksi atau perbuatan (bahasa yunani).
Sedangkan dramatik adalah jenis karangan yang dipertunjukkan dalan suatu
tingkah laku, mimik dan perbuatan. Sandiwara adalah sebutan lain dari drama di
mana sandi adalah rahasia dan wara adalah pelajaran. Orang yang memainkan drama
disebut aktor atau lakon.
A. Unsur-Unsur Instrinsik,
yaitu unsur yang membangun dari dalam
drama.
Terdiri
atas :
a. Tema
Tema sebuah drama merupakan permasalahan yang mendasari
sebuah cerita. Pokok permasalahan itu mungkin berupa kehidupan, pandangan hidup
atau komentar tentang lingkungan. Tema berkedudukan sangatlah penting karena
merupakan titik sentral yang melatar belakangi suatu cerita atau peristiwa.
b.
Latar
Dalam suatu cerita drama merupakan gambaran tentang tempat,
suasana, dan waktu terjadinya suatu peristiwa secara umum.
c.
Alur atau Plot
Alur merupakan susunan peristiwa yang
terpilih dan diatur oleh pengarang
secarara logis dalam hubungan sebap akibat, sehingga memebentuk suatu
cerita yang utuh.
d. Tokoh
Tokoh adalah pelaku-pelaku dalam cerita. Tokoh dibedakan
menjadi tiga, yakni protagonis (tokoh utama), antagonis (tokoh penentang), dan
tritagonis (tokoh ketiga).
e. Amanat
adalah pesan moral yang terdapat dalam cerita.
f. Gaya
Bahasa
g. Sudut pandang
B. Ekstrinsi (unsur luar)
Unsur-unsur luar adalah unsur yang tampak, seperti adanya dialog atau percakapan. Namun, unsur-unsur ini bisa bertambah ketika naskah sudah dipentaskan. Di sana akan tampak panggung, properti, tokoh, sutradara, dan penonton.
Unsur-unsur luar adalah unsur yang tampak, seperti adanya dialog atau percakapan. Namun, unsur-unsur ini bisa bertambah ketika naskah sudah dipentaskan. Di sana akan tampak panggung, properti, tokoh, sutradara, dan penonton.
C. Contoh Soal:
Bacalah kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 1
dan 2!
Masut : Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir)
Guru : Bisa saja istri kamu, Ut.
Masut : Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir)
Guru : Bisa saja istri kamu, Ut.
1.
Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ...
a. santai c. haru
a. santai c. haru
b.
tegang d. seram
Kunci Jawaban : A
2. Latar tempat kutipan drama tersebut adalah ....
a. rumah guru c. ruang kerja
b. rumah Masut d. ruang kelas
Kunci Jawaban : B
3. Yoga :kamu sudah degar berita tentang Rury?
Pohan :belum, memang ada apa dengan Rury?
Yoga : kemaren ia jatuh dari pohon mangga. Kakinya
patah dan sekarang
dirawat di rumah sakit.
Danu : ah, biarkan saja biar dia tahu rasa kerena
mengambil mangga orang
Watak tokoh yoga pada
kutiban drama tersebut adalah…..
a.Tidak peduli c. Pencuriga
b. Masa bodoh d. Perhatian
Kunci Jawaban : D
4. Munawardi : Toloong ada yang mau jahat kepada saya
Orang-orang : Mana…..mana orangnya ?
Dudi : Ayo kita haajar biar
kapok !
Kurdi : Jangan…..jangan ! Kita
tak boleh main hakim sendiri.
Bukti watak Kurdi dalam
kutipan drama tersebut bijaksana adalah…..
a. Dia mau membantu orang
yang berbuat jahat
b. Dia membertahukan orang
yang berbuat jahat
c. Dia mengajak orang orang
untuk menghajas perampok
d. Dia mengingatkan
orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.
Kunci Jawaban : D
Kunci Jawaban : D
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Jadilah pembaca yang baik dan budiman, diharap jika mengcopas isi dari blog ini cantumkan alamat blognya.
Silakan berkomentar dengan santun, dengan senang hati saya akan membalasnya ^_^