Senin, 06 April 2015

Resep Bolu Kukus Versi Hemat


Cocok untuk yang mulai belajar masak. Kalau sudah mahir silakan di tambah takaran gula dan susunya sesuai selera.

Bahan-bahan:
1. Terigu 5 sdm
2. Telur  butir
3. Gula pasir  sdm
5. Mararine 3 sdm cairkan
6. Minyak goreng 1 sdm
7. Vanili 1/2 sachet
8. SP 1/2 sdt
9. Susu bubuk 1 sdm
10. Keju parut 2 sdm untuk adonan
11. Keju parut 2 sdm untuk aburan
12. Coklat Batang 1 buah, potong kecil-kecil untuk hiasan (resep aslinya pakai irisan cherry, tapi aku ganti pakai coklat)

Butter cream darurat:
1. 1 sdm mentega putih (aku ganti pake blueband, sebab nyari mentega putih gak ada)
2. 1 sachet skm putih

Cara membuatnya:
1. Panaskan dulu kukusan hinggaairnya benar-benar mendidih dan bungkus tutupnya dengan lap bersih.
2. Ayak terigu, vanili, dan susu bubuk lalu aduk jadi satu.
3. Mixer telur, gula pasir, SP sampai pucat dan mengembang.
4. Kecilkan mixer, lalu masukkan ayakan terigu da 2 sdm keju parut seikit-sedikit bergantian dengan margarine cair dan minyak, kocok sebentar, lalu matikan mixer dan lanjutkan aduk denganspatula hingga rata.
5. Olesi loyang atau cetakan dengan minyak goreng (aku pakai loyang persegi paling kecil, gak tahu ukuran berapa).
6. Tuang adonan dan ratakan dengan spatula, karena adonannya agak kental.
7. Kukus selama 25 menit dengan api sedang.
8. Setelah matang dan dingin, olesi dengan butter cream darurat lalu taburi dengan keju parut dan hias dengan coklat potongan coklat.

Jadi 12 potong


Resep ini aku ambil dari FP Aplikasi Aneka Resep Kue dan Makanan di facebook, dengan sedikit modifikasi. Tapi, aku udah buat dua kali adonanannya gak ngembang. Rasanya, sih, lembut;enak;manisnya pas.

Ini hasil karyaku yang pertama. . .
Butter creamnya terlalu encer, jadinya gak nempel di bolu. Harusnya mentega putih jangan di ganti sama blueband kali ya, hhehe . . .
Vanilinya aku pake 1 sachet aja.

Ini yang kedua . . .
Untuk bolu yang kedua aku tambahi terigunya jadi 8 sdm, SP jadi 1 sdt, margarinenya jadi 4 sdm. Butter cream di ganti jadi lelehan coklat. Keju parut untuk adonan gak di pakai, sebab aku lupa masukkinnya. Baru ingat saat adonan sudah masukm ke loyang. Rasanya masih lebih enak bolu pertama sih . . .
>

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Jadilah pembaca yang baik dan budiman, diharap jika mengcopas isi dari blog ini cantumkan alamat blognya.
Silakan berkomentar dengan santun, dengan senang hati saya akan membalasnya ^_^