Kamis, 30 April 2015

Resensi Buku: Bunga Rampai Penyimpangan Agama di Indonesia



Judul                   : Bunga Rampai Penyimpangan Agama di Indonesia
Penulis                   : Hartono Ahmad Jaiz
Penerbit                : Pustaka Al Kautsar
Tahun terbit          : Juni 2007
Tebal halaman        : 340 halaman
T

idak ada kemungkaran terbesar dalam pandangan Islam selain kemungkaran di bidang akidah atau kemungkaran yang mengubah dasar-dasar Islam. Kemungkaran jenis ini, jauh lebih berbahaya dari kerusakan dalam bidang amal. Sebagai gambaran, dosa orang yang mengingkari kewajiban shalat lima waktu, lebih besar dari pada orang yang meninggalkan shalat karena malas. Dosa orang yang tidak mengamalkan sebagian ayat Al Qur’an, lebih ringan dibandingkan dengan orang yang menganggap bahwa ayat Al Qur’an adalah muntaj tsaqafi (produk budaya), perangkap budaya Quraisy, Al Qur’an tidak valid, dan seterusnya.
          Lebih sangat ironis, ketika kemungkaran akidah itu dikampanyekan oleh orang-orang yang dianggap sebagai ‘ulama’, ‘intelektual muslim’, ‘tokoh’, dan di hormati bahkan menempati posisi penting dalam sebuah institusi pendidikan Islam. Kita tidak bisa membayangkan, generasi penerus kita akan menjadi generasi seperti apa kalau kemungkaran akidah itu di tularkan kepada mereka.
          Hartono Ahmad Jaiz, mengupas berbagai bentuk penyimpangan Agama Islam secara tuntas dan akurat. Beliau memaparkan pemikiran dan perilaku aliran-aliran serta tokoh-tokoh menyimpang. Selain itu, ‘orang-orang yang mengaku berpaham ahlus sunnah’, namun secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan membela penyimpangan tersebut. Entah dengan motif ‘mencari ketenaran’, ditungganngi kepentingan Yahudi, maupun lainnya.
          Beberapa aliran yang di bahas diantaranya yaitu Ahmadiyah, LDII, Syi’ah, JIL, dan lainnya. Namun, beliau lebih memfokuskan pada aliran JIL ( Jaringan Islam Liberal ).
          Di lengkapi dengan rujukan kitab-kitab fiqih, hadist, tafsir, dan lainnya, juga artikel-artikel berita, ensiklopedia, serta fakta yang ada di lapangan, membuat buku Bunga Rampai Penyimpangan Agama di Indonesia menjadi buku yang harus di baca oleh kaum muslim.  Meskipun bagi kalangan ‘awam’, agak sulit untuk memahami buku tersebut karena pemakaian bahasa yang ‘tidak biasa’. Namun, beliau melengkapinya dengan footnote penjelasan di setiap kata ataupun kalimat ‘tidak biasa’ itu.

Note: Buku punya emak ane, recomended buat kalian supaya gak terjerumus ke dalam aliran sesat bin berbahaya
>

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Jadilah pembaca yang baik dan budiman, diharap jika mengcopas isi dari blog ini cantumkan alamat blognya.
Silakan berkomentar dengan santun, dengan senang hati saya akan membalasnya ^_^